Minggu, 07 Agustus 2016

Basket

dribble
Pengertian dribble :membawa bola dengan dipantul-pantulkan dengan satu tangan yang dilakukan dengan berjalan atau berlari
Cara melakukan dribble adalah sebagai berikut:
1.            Berdirilah secara rilex dengan kaki kiri agak sedikit di depan kaki kanan
2.            Peganglah bola dengan kedua tangan, tangan kanan di atas bola, sedang tangan kiri di bawah bola.
3.            Condongkan badan ke depan 
4.            Pantulkan bola dengan tangan kanan, Untuk permulaan lihat dan perhatikan bola
5.            Gerakan lengan hampir sepenuhnya.
6.            Jangan memantulkan bola dengan cara memukul bola menggunakan telapak tangan, namun pantulkan bola dengan cara menekan dengan jari-jari dibantu dengan gerakan pergelaragan tangan.
7.            Jinakkan bola dengan sedikit mengkuti gerakan bola ke atas sebentar dengan jari-jari dan pergelangan tangan, kemudian dipantulkan kembali.
8.            Setelah anda dapat mengikuti rahasia gerak, watak dan irama pantulan bola yang anda rasakan dengan sikap berdiri ditempat, memulailah dengan bergerak maju.
9.            Mulailah jangan melihat bola, kemudian dengan tidak melihat bola
10.          Dribbling bola basket mulai agak rendah, rendah, maju, mundur cepat-secepatnya, lakukan dengan latihan berjalan berliku-liku sampai anda benar-benar menjiwai bola.

Dalam permainan bola basket, dribbling adalah sangat penting. Manfaat yang diperoleh dari dribbling yaitu lebih cepat menuju ke keranjang lawan, untuk menerobos pertahanan lawan, dan untuk mengendalikan permainan. Namun di sisi lain, mendribble bola secara berlebihan juga tidak baik untuk kepentingan timnya. Karena jika mendribble terlalu banyak, maka tim cenderung tidak bergerak ini memudahkan lawan untuk menghadang dan merebut bol. Mendribble bola berlebihan akan mcmudahkan lawan untuk menjaga teman seregunya karena tidak bergerak dan tidak ada kerja sama. Tidak menutup kemungkinan dribbling yang berlebihan akan mempermudah bola direbut oleh lawan dan pihak lawan akan ganti melakukan serangan balik.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Chest pass
Chest passyaitu mengoper bola dengan satu atau ke dua lengan. Passing yang di lakukan dengan cepat, tepat dan akurat akan berpotensi menciptakan peluang untuk mendapatkan angka.
Cara  Melakukan  Chest  Pass  Dalam  Bola  Basket :
Chest pas tidak dilakukan secara sembarang atau tanpa teknik. Dalam melakukan operan dada ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar operan tepat jatuh ke sasaran yaitu teman. Berikut langkah-langkah melakukan Chest Pass dalam bola basket:
  1. Pegang bola dengan kedua tangan ditahan ke depan  dada dan ujung jari kedua tangan 
  2. Posisikan ibu jari di belakang bola dengan tangan dan ujung jari menyebar kea rah sisi bola
  3. Posisikan siku dekat dengan tubuh
  4. Letakkan kaki pada posisi triple threat dengan tumpuan berat badan pada kaki yang belakang
  5. Pindahkan berat badan ke depan saat melangkah untuk mengoper bola
  6. Luruskan lengan dan putar ibu jari ke bawah sehingga tangan lurus pada saat melakukan tolakan, akhiri dengan sentakan pergelangan tangan
  7. Pandangkan mata ke arah bola yang dilempar dan arah bola lurus ke depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar