Senin, 03 April 2017

PR Bahasa Inggris Kelompok 1

Cut Nyak Dhen adalah seorang pemimpin dari aceh, dia bergerilia selama perang aceh. Dia lahir di Lainpadang tahun 1848. Mengikuti jejak suaminya teuku Umar yang telah wafat. Ia melakukan aksi gerilia melawan belanda selama 25 tahun.
Cut Nyak Dhen terlahir dari keluarga islam di Aceh Besar. Ayahnya teuku Nanta Setra, adalah anggota dari aturan ulee Balang Golongan aristokrat dalam VI ama area yang berdiri dari 5 desa dan ibunyajuga dari keluarga aristokrat. Dia terpelajar dalam religi dan soal rumah tangga dia adlah termashur karena kecantikannya dan banyak laki laki melamar untuk menikahinya akhirnya dia menikah dengan teuku cik ibrahim lamnga anak dari keluarga aristokrat
Pada 26 Maret 1873, Belanda mendeklarasikan perang terhadap aceh. Pada bulan November 1873 ketika ekspedisi kedua terhadap aceh, Belanda berhasil menangkap VI mukim pada 1873, kemudian ke kediaman Sultan pada 1874.
Pada 1875 Cut Nyak Dhen dan bayinya, lama tinggal dengan ibu yang lain saat evakuasi ke tempat aman, saat suaminya ibrahim Lamnga berjuang untuk membebaskan VI mukim.Lamnga meninggal pada aksinya 29 juni 1878. Mendengar hal itu Cut Nyak Dhen sangat marah dan berjanji akan menghancurkan belanda.
Kemudian, Teuku Umar melamarnya untuk menikah. Belajar dari itu Teuku Umar akan memperbolehkannya untuk berperang. Dia (Cut Nyak) menerima lamaran tersebut. Mereka menikah pada 1880 hal ini sangat mendorong moral tentara Aceh dalam melawan Belanda. Cut Nyak Dhen memiliki anak perempuan Cut Gambang.
Perangpun berlanjut dan Aceh kembali mendeklarasikan perang suci kepada dan belanda terlibat dalam perang gerilia. Karena kekurangan Pasokan , Teuku Umar menyerah kepada pasukan belanda pada 30 September 1893 dan bersama 250 orangnya. Belanda menyambutnya dan mengangkatnya sebagai komandan, dan memberinya gelar teuku umar johan pahlawan. Bagaimanapu juga, Teuku Umar memiliki rencana rahasia untuk menghianati Belanda. Dua tahun kemudian Teuku Umar berangkat untuk berperang dengan aceh, tetapi dia dengan pasukannya malah mengambil peralatan, senjata dan amunisi untuk membantu orang orang aceh. Dan ini dicatat oleh belanda sebagai “Het Verraad van Teukoe Oemar” (Penghianatan oleh Teuku Umar).
Jendral Belanda Johanus Benedictus Van Heutsz mengirim seorang mata-mata ke Aceh. Teuku Umar terbunuh setelah perang ketika belanda meluncuekan sebuah serangngan kejutan padanya di Meulaboh. Cut Gambang sangat bersedih atas meninggalnya Teuku Umar.
Cut Nyak Dhen menamparnya dan kemudian memeluknya dan berkata “Sebagai perempuan acaeh kita tidakboleh menanggalkan cabikan kita harus punya syahid.
Setelah suaminya wafat Cutn Nyak Dhen melanjutkan untuk menahan Belanda dengan pasukan kecilnya hingga itu dirusak di 1901, belanda beradaptasi dengan strategi mereka untuk situasi aceh. Selanjutnya Chut Nyak Dhen menderita rabun dekat dan arthilis karena dia telah menua. Dan pasukannyapun mulai berkurang dan mereka kekuranagn bekal.
Salah satu dari pasukannya, Pang Laot memberitahu kepada Belanda mengenai lokasi kantor pusat di Beutong Lesangeu. Belandapun mulai menyerang Dhen dan pasukannya dengan serangan kejutan.................................................................


Cut Nyak Dhen mendapatkan gelar pahlawan Nasional Indonesia pada 2 mei 1964 dari pemerintah Indonesia

1 komentar:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    More than 160,000 men and women are using a simple and secret "liquid hack" to burn 1-2lbs each and every night in their sleep.

    It is scientific and works on anybody.

    Just follow these easy step:

    1) Go grab a clear glass and fill it up half full

    2) And then learn this proven HACK

    and be 1-2lbs skinnier in the morning!

    BalasHapus